Media Online
Pengertian Media Online
Media
online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis
telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat
portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online,
dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan
user memanfaatkannya”.
Salah
satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik
jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau
portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang
memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online
dan berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan
interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung,
pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak berhubungan sama
sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll
Media Online merupakan produk jurnalistik
online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan
sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan
melalui internet” (wikipedia). Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah
media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk
kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio
online, TV online, dan email.
- Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
- Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
- Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
- 4. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
- 5. Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)
Karakteristik Media Online
Media
online, termasuk salah satu agen informasi yang banyak dicari oleh khalayak
pada saat ini. Karakteristik yang dimiliki oleh media ini membius para khalayak
yang haus akan informasi.
1. Karakteristik yang paling populer
yang dimiliki oleh media online adalah sifatnya yang real time. Dalam artian,
berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung dipublikasikan pada
saat kejadian sedang berlangsung.
2. Karakter lainnya yang membuat media
online menjadi begitu banyak diasumsi adalah sifatnya yang interaktif. Dengan
memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, karya-karya jurnalisme online
dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber-sumber lain. Dalam hal
ini berarti, pengguna/pembaca dapat menikmati informasi secara efisien dan
efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk mendapatkan pendalaman dan titik
pandang yang lebih luas bahkan berbeda. Interaktifitas juga dapat dilihat dari
adanya pemberian feed back / umpan balik dari pembaca yang membaca sebuah
berita melalui kolom komentar yang disajikan di bawah berita yang dtampilkan.
Sehingga para pembaca dapat memberikan kritik dan sarannya serta bertukar
pikiran dengan pembaca yang lainnya.
3. Selain itu juga, menyertakan
unsur-unsur multimedia adalah termasuk karakteristik lain dari media online
yang tidak kalah penting, sehingga mampu menyajikan bentuk dan isi publikasi
yang lebih kaya di dalam sebuah web. Seperti dalam terminology internet, ada
istilah hoax. Jika suatu berita tidak disertai dengan multimedia baik berupa
gambar atau video bisa jadi berita tersebut diragukan kepercayaanya.
4. Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat
panjang
5.
Pemuatan dan
editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
6.
Jadwal terbit bisa
kapan saja bisa, setiap saat.
7.
Cepat, begitu
di-upload langsung bisa diakses semua orang.
8.
Menjangkau seluruh
dunia yang memiliki akses internet.
9.
Aktual, berisi
info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
10.
Update, pembaruan
informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
11.
Interaktif, dua
arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room,
polling, dsb.
12. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat
ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
13. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang
berkaitan dengan informasi tersaji.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar